Wednesday 4 March 2015

Penyebab Koneksi Internet Lemot di HP Android


Perkembangan teknologi komunikasi membuat para vendor Android dunia berinovasi dengan menyematkan fitur internet pada hampir seluruh handset masa kini untuk memudahkan akses ke dunia maya bagi para konsumen. Tentu saja hal ini harus diiringi dengan kecepatan internet stabil agar Anda merasa nyaman berselancar. Sayangnya, internet lemot di Android menjadi suatu problem umum yang cukup mengganggu pengguna.

Anda yang merasa internet lemot di handset kesayangan jangan buru-buru menumpahkan kesalahan pada penyelenggara jasa layanan telekomunikasi yang digunakan. Sebab, ternyata ada beberapa faktor yang menyebabkan internet lemot banget. Penasaran dengan hal tersebut? Yuk, intip ulasan lengkap berikut ini:

Jauh dari BTS
BTS (Base Transceiver Station) adalah sebuah unit yang berfungsi sebagai penerima dan pemancar sinyal dalam jaringan telekomunikasi seluler. Unit tersebut menjadi salah satu pilar penentu internet lemot atau cepat dalam jaringan telekomunikasi karena ketiadaan tower pemancar mampu menimbulkan gangguan, seperti internet lemot hingga kehilangan sinyal.

Anda yang merasa internet lemot di Android jangan buru-buru menyalahkan handset. Tengoklah di sekitar, lalu cari tahu apakah Anda dekat dengan tower pemancar. Bila “tidak”, maka kemungkinan besar itulah yang membuat kecepatan internet menurun.

Banyak penguna
Anda perlu memahami konsep pembagian bandwith sebelum komplain mengenai internet lambat atau koneksi terputus di saat jam-jam tertentu, terutama disaat jam sibuk. Banyaknya pengakses dunia maya inilah yang menyebabkan internet melambat karena orang-orang tersebut berebut sinyal dari satu jaringan. Salah satu tips mengatasi internet lemot dalam kasus ini tak lain dengan pintar memilih jam akses untuk menghindari loading lama.

Banyak cache, cookies, dan history
Setiap perambah yang digunakan untuk mengakses internet pasti menyimpan ketiga hal tersebut sebagai arsip pengguna. Nah, hal inilah yang terkadang membuat internet lemot dan lambat. Anda yang merasa koneksi internet lemot di Android sebaiknya memeriksa apakah ketiga hal tersebut sudah “dibersihkan”.

Virus
Anda jangan buru-buru menyalahkan operator telepon seluler atas segala ketidaknyamanan akses dunia maya, seperti internet lemot, koneksi putus, dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan penyebab kurangnya internet cepat adalah potensi handset terinfeksi virus. Pastikan handset benar-benar bebas virus sebelum digunakan agar Anda tetap nyaman berselancar.

Keempat hal tersebut adalah alasan utama mengapa internet lemot
Tentu saja ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mengatasinya, seperti melakukan update Antivirus jika internet lemot karena virus. Selain itu, Anda bisa mengatasi internet lemot di Android dengan banyak cara lainnya.