Wednesday 4 March 2015

Cara Melacak Nomor HP

Sebelum Saya memberitahukan mengenai cara melacak nomor hp pastinya kawan-kawan pernah mendengar pepatah “Ada racun, pasti ada juga penawarnya”. Nah begitu juga dengan teknologi. Jika nomor handphone saat ini bisa dimiliki siapapun, bahkan justru dilakukan untuk meresahkan orang lain, pasti juga ada teknologi tandingannya. Jadi anda tidak perlu khawatir akan gangguan terhadap ponsel anda akan pesan-pesan yang tidak penting. Kini teknologi IT semakin canggih, sehingga mampu menghadirkan aplikasi – aplikasi yang bisa melacak lokasi seseorang melalui nomer handphonenya. Begawei menemukan banyak sekali aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan melacak nomer handphone. Berikut beberapa cara melacak nomor hp menggunakan berbagai aplikasi yang bisa anda manfaatkan. Simak ya penuturan Begawei dibawah ini.

HLR Lookup
Cara melacak nomor hp yang pertama adalah menggunakan aplikasi HLR Lookup. Aplikasi yang dikembangkan oleh ID Dev Android ini berbasis lokasi dan bisa anda manfaatkan untuk melacak nomer handphone. Untuk menggunakannya, anda cukup memasukkan nomor telepon untuk mendapatkan lokasi. Aplikasi ini juga memungkinkan anda untuk memasukkan langsung nomor telepon dari phonebook dan tak perlu melakukan pengetikan. Aplikasi Lacak Nomor Telepon HLR Lookup ini sudah mendukung penggunaan operator seluler di Indonesia seperti Telkomsel, XL, Indosat, Axis, Three, Smartfren, Esia, Flexi, dan lainnya. HRL atau Home Location Register adalah database berisi rincian setiap pelanggan perangkat mobile yang menggunakan jaringan GSM. Kelebihannya, aplikasi ini mampu mengetahui rincian informasi dari nomor yang melakukan panggilan telepon. Anda akan mendapatkan informasi seperti nama pengguna, alamat, posisi dan lainnya. Namun karena rincian informasi tersebut merupakan privasi dari pemilik nomor, maka kewenangan mendapatkan informasi tersebut harus berasal dari operator bersangkutan. Anda yang menggunakan perangkat Android , aplikasi ini bisa anda download di Google Play Store. Bagaimana cukup tangkan kan Cara melacak nomor hp menggunakan aplikasi HLR Lookup ini? Sekarang kita lihat aplikasi lainnya yuk.

Lacak Ponsel
Untuk urutan kedua dari cara melacak nomor hp kita menemukan aplikasi Lacak Ponsel. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memang dibuat untuk membantu pelacakan pada nomer ponsel. Cara melacak nomor hp menggunakan aplikasi ini pun cukup mudah. Kawan hanya cukup memasukkan nomer handphone, untuk melacak posisi yang bersangkutan. Senada dengan HLR Lookup, aplikasi ini juga mengandalkan database HLR untuk mengetahui lokasi nomer handphone yang diproses. Bahakan anda tidak memerlukan koneksi jaringan internet maupun menggunakan GPS, untuk menemukan lokasi tersebut. Selain itu Lacak Ponsel pun telah mendukung seluruh operator telepon di Indonesia. Aplikasi ini juga bisa anda unduh di Google Play Store.

Aplikasi DondeEsta
Untuk melacak lokasi nomer handphone yang anda inginkan, Kawan juga bisa memanfaatkan aplikasi DondeEsta. Cara melacak nomor hp yang dilakukan oleh aplikasi DondeEsta ini dengan memanfaatkan sinyal GSM dari BTS terdekat dengan target dan juga GPS. Apabila aplikasi mendeteksi sinyal Satelit GPS, maka hasil yang didapatkan akan lebih akurat. DondeEsta bekerja dua arah. Jadi kita bisa mencari lokasi dari nomor yang dikehendaki. Sementara itu nomor kita pun bisa dicari lokasinya oleh nomer yang sudah di authorized. Kelemahan dari Cara melacak nomor hp menggunakan aplikasi ini adalah nomer handphone yang akan dicari lokasinya harus diinstall aplikasi yang sama. Jadi memang hasrus ada sinkronisasi. Ini akan sangat bermanfaat untuk perusahaan, karena pemimpin perusahaan bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mencari lokasi karyawannya yang misal tiba – tiba tidak menghadiri rapat penting tanpa ijin. Anda yang masih memakai handphone jadul, tak perlu khawatir. Hape jadul-pun bisa digunakan untuk mencari lokasi nomor hape target. Asal, sekali lagi nomor hape yang digunakan untuk mencari lokasi nomor hape target sudah didaftarkan. Aplikasi ini bisa digunakan di hape dengan platform Android, Blackberry, dan Symbian. Fitur yang ditawarkan juga cukup menarik. Misalnya fitur I AM OK dan I NEED HELP. Opsi – opsi itu adalah fitur yang bisa digunakan oleh si pemilik handphone untuk memberitahukan kepada orang-orang yang nomor hapenya sudah didaftarkan. “i am ok”, sudah tahu dong maksudnya. “i need help”, berarti minta tolong. Tak sebatas berupa SMS, pesan tersebut juga akan dilengkapi dengan lokasi si pengirim pesan. Unduh aplikasi ini melalui situs Dondesta untuk yang tertarik menggunakannya. Bagaimana sudah tahu kan sekarang cara melacak nomor hp menggunakan ponsel pintar anda?

Itulah tips dan trik cara melacak nomor hp yang kiranya dapat Saya sampaikan pada kesempatan pembahasan kali ini. Tips dan trik ini dapat anda coba untuk dapat melacak nomor HP yang tidak dikenal dan menganggu kenyamanan anda. Saya mencoba memilih cara-cara yang paling mudah sehingga dapat digunakan oleh pemula sekalipun. Tetapi apabila anda masih mersa kurang memahami penuturan Saya anda dapat bertanya kepada kawan-kawan yang memiliki pengetahuan mendalam tentang teknologi. Demikian tadi informasi Saya soal cara melacak nomor hp dengan beberapa aplikasi. Semoga ulasan tadi cukup membantu anda.