Wednesday 4 March 2015

Cara Mempercepat Pengisian Baterai HP


Memang, cara mempercepat pengisian baterai hp yang akan Saya sampaikan ini tidak lantas membuat proses pengisian baterai smartphone jadi secepat kilat. Tapi setidaknya akan membuat pengisian daya berjalan 15 – 25 % lebih cepat. Lumayan kan? Ingin tau cara mempercepat pengisian baterai smartphone apa saja yang bisa kita lakukan? 

Matikan smartphone sepenuhnya
Kapasitas daya pada baterai jelas digunakan untuk operasional smartphone. Sebut saja salah satunya adalah untuk mencari sinyal. Hal ini jelas memakan banyak daya, apalagi jika sinyal yang anda gunakan untuk konektivitas smartphone adalah sinyal teknologi tinggi seperti 3G atau 4G. Jadi, jika anda ingin proses pengisian baterai smartphone anda berjalan lebih cepat, cara mempercepat pengisian baterai smartphone kali ini sangat simple. Ketika re-charging, matikan smartphone anda. Dengan begitu, smartphone tidak akan mencari sinyal apapun, baik sinyal dari BTS, WiFi di sekitar tempat anda berada, serta mencari navigasi keberadaan anda dengan GPS. Dengan begitu, jelas daya hanya akan tersimpan untuk baterai. Dengan mematikan smartphone, layar ponsel juga akan mati. Anda pasti sudah cukup paham jika layar smartphone cukup menguras daya baterai.

Manfaatkan mode pesawat
Nah sekarang kita memasuki cara mempercepat pengisian baterai HP yang kedua. Mungkin anda berpikir bahwa mematikan ponsel saat re-charging adalah hal yang ekstrim, mengingat sangat mungkin anda ada BBM atau WhatsUp. Untuk situasi seperti itu, manfaatkan Airplane Mode atau mode pesawat yang dapat dirubah ke mode normal dengan satu sentuhan klik saja. Jika tempat anda berada pada cakupan WiFi, manfaatkan WiFi untuk tetap dapat menerima pesan aktifkan. Cara sederhana ini dapat mempercepat pengisian baterai android hingga 12%.

Buat baterainya jadi adem
Dalam cara mempercepat pengisian baterai smartphone kali ini kita akan berbicara mengenai suhu. Kebanyakan smartphone menggunakan baterai berjenis lithium-ion. For your information, jenis baterai ini punya prinsip kerja yang sederhana : jika suhunya lebih adem, maka kinerjanya akan lebih baik. Lalu cara mempercepat pengisian baterai HP sederhana apa yang bisa kita lakukan? Lepaskan cover dan bagian belakang casing smartphone anda. Ini akan membuat baterai smartphone anda akan bisa “bernafas” lebih lega dan suhunya lebih adem. Cara mempercepat pengisian baterai HP ini akan membantu juga pengisian dayanya. Jangan sembarangan juga meletakkan gadget yang sedang di-charge. Letakkan pada tempat yang sejuk (kira – kira suhu ruangan 25 derajat Celcius) agar baterai juga tidak naik terus suhunya.

Gunakan charger original, bukan dari USB port
Jika anda dalam situasi waktu yang terbatas, mengisi baterai smartphone dengan menggunakan USB port, bukan solusi yang tepat. Penggunaan kabel USB justru akan membuat proses pengisian daya akan lambat. Nah dalam cara mempercepat pengisian baterai smartphone keempat ini isilah daya melalui charger original yang tersedia. Pihak vendor tentu sudah menghitung seberapa besar tegangan dan aliran arus yang pas untuk perangkatnya. Oleh sebab itu selalu gunakan charger original ketika melakukan pengisian ulang. Selain cepat, baterai juga akan lebih awet. Selain itu, pengisian baterai smartphone menggunakan USB port justru akan membuat proses pengisian nya lambat, karena daya yang diambil melalui USB memiliki output lebih kecil. Besarnya hanya sekitar 0,5 Ampere. Memang sih, USB port versi 3.0 bisa memberikan arus hingga 0.9 Ampere. Namun angka itu adalah angka maksimumnya, bukan angka rata-rata. Jadi sangat mungkin anda justru akan memperoleh arus yang lebih sedikit. Sedangkan jika kawan menggunakan charger bawaan, maka akan memiliki output sebesar 2 Ampere. Cukup mencolok kan perbedaannya? Atau mungkin anda punya kebiasaan juga mengisi baterai melalui laptop. Untuk diketahui, cara itu justru akan memperlambat proses pengisian baterai. Nah bagaimana dengan cara mempercepat pengisian baterai HP keempat ini anda sudah tahu kan baiknya charger original?

Kalibrasi baterai
Ini yang kadang kita sepelekan. Baterai yang digunakan hingga benar – benar kehabisan daya alias 0%, aakan memperpendek umur baterai. Akibatnya, akan sering terjadi ketidaksempurnaan pengisian baterai. Sebenarnya agar tidak mengalami hal itu, perawatan baterai cukuplah mudah. Segera lakukan pengisian ulang (re-charging), minimal ketika baterai sudah ada pada posisi 5%. Jangan terus dipaksa menghabiskannya hingga blank. Setelah itu, rajin – rajinlah melakukan kalibrasi minimal sebulan sekali. Cara mempercepat pengisian baterai smartphone kali ini cukup mudah. Gunakan smartphone anda hingga baterainya 0%, lalu isi hingga full alias 100% dalam kondisi mati. Cara kalibrasi ini akan membuat baterai lebih awet dan sehat. Baterai yang sehat akan lebih cepat terisi dan tidak cepat habis dibanding yang sudah berkondisi jelek.

Nah bagaimana kawan-kawan cara mempercepat pengisian baterai HP yang Saya utarakan diatas? Cukup sederhana bukan caranya untuk dapat dipraktekkan dirumah. Kelima trik tersebut adalah tips  yang telah dirangkumkan dari sekian banyak cara mempercepat pengisian baterai smartphone. Cara tersebut bila anda praktekkan maka akan memberi manfaat dobel yaitu selain dapat mempercepat pengisian baterai smartphone maka anda dapat juga memperpanjang usia pemakaian baterai pada smartphone anda. Karena jika kita mengisi baterai saja caranya kurang tepat maka otomatis akan berimbas pada kinerja baterai yang akan semakin menurun dari hari ke hari. Namun Saya menyarankan apabila kawan-kawan masih ragu tentang cara mempercepat pengisian baterai HP maka kawan-kawan dapat bertanya ke teknisi handphone yang mengetahui seluk beluk mengenai gadget supaya tidak mengalami kesalahan ketika mempraktekkan cara mempercepat pengisian baterai smartphone ini. Semoga tips untuk mempercepat pengisian baterai smartphone  tadi, cukup membantu anda yang sering tidak punya waktu lama untuk re-charging sehingga anda dapat menggunakan smartphone dalam jangka waktu yang jauh lebih lama dan efektif. Stay terus di halaman kami, karena Info Dauzy akan setia memberikan info – info tekno yang menarik untuk anda.