Wednesday 4 March 2015

Hati-hati Dalam Membeli Smartphone Murah

Saat ini, smartphone bukanlah hal “aneh” yang hanya bisa dinikmati oleh kalangan tertentu. Bahkan ponsel pintar benar-benar menenggelamkan teknologi ponsel generasi sebelumnya. Coba sekarang kawan cek, berapa jumlah smartphone yang anda miliki?

Memang tidak mengherankan, jika saat ini satu orang saja sudah bisa membeli lebih dari satu jenis smartphone. Pasaran menyediakan berbagai macam tipe smartphone, dengan bermacam-macam spesifikasi dan harga. Ponsel-ponsel dengan harga selangit sudah sangat banyak. Smartphone murah pun tidak mau kalah membanjiri pasaran. Tinggal tunjuk saja mana yang sesuai dengan kocek anda. Bahkan baru-baru ini, raksasa internet—Google meluncurkan smartphone murah ke pasaran dengan brand Android One. Semakin mudah saja ya mendapatkan ponsel berteknologi tinggi?

Kawan, meskipun banyak pilihan ponsel di pasaran, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli ponsel dengan harga terjangkau. Jangan sampai justru anda mendapatkan barang yang abal-abal, yang tidak sesuai dengan promosinya. Apa saja nih yang harus kita perhatikan, agar tidak terjebak ketika ingin membeli smartphone dengan harga murah?

Merk adalah salah satu yang penting untuk diperhatikan. Jika merk smartphone yang akan anda beli memang sudah jelas, maka secara tidak langsung akan ada jaminan lebih untuk produk yang kawan pilih. Yang dimaksud jaminan jelas disini misalnya seperti service center. Jika service center dari merk yang akan anda pilih tersebar di seluruh Indonesia, akan menjadi lebih mudah jika pengguna mengajukan klaim, misalnya untuk kerusakan. Selain keberadaan service center, kejelasan merk juga akan memperkuat garansi yang anda terima atas barang bersangkutan.

Selain merk, jangan lupa mempertimbangkan spesifikasi yang ada. Jangan semata-mata menjadikan harga sebagai pertimbangan utama. Kawan tak mau kan, jika smartphone yang anda beli ternyata keog, karena spesifikasinya tidak anda perhatikan? So, sebelum membeli ponsel terjangkau, cek spesifikasi seperti prosessor, RAM, aplikasi, layar, dan kamera. Jangan lupa juga untuk benar-benar memperhatikan sistem operasi dan kapasitas baterai yang ada. Apakah spesifikasi yang dibawa, sesuai dengan keinginan anda?